Kompresor

Memahami kompresor pada alat pendingin bersama tukang AC Denpasar.

Kompresor AC Ruangan

Kompresor adalah suatu alat mekanis yang bertugas untuk mengisap uap refrigerant dari evaporator. Kemudian menekannya (mengkompres) dan dengan demikian suhu dan tekanan uap tersebut menjadi lebih tinggi. 

Tugas kompresor adalah mempertahankan perbedaan tekanan dalam sistem. Kompresor atau pompa hisap tekan berfungsi mengalirkan refrigerant ke seluruh sistem pendingin. Sistem kerjanya adalah dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi ke sisi bertekanan lebih rendah. 

Semakin tinggi temperatur yang dipompakan semakin besar tenaga yang dikeluarkan oleh kompresor.

Kompresor AC Split berfungsi untuk mensirkulasikan aliran refrigerant. Dari kompresor, refrigerant (freon) akan dipompa dan dialirkan menuju komponen utama AC Split, yaitu : kondenser, pipa kapiler, evaporator dan kembali lagi ke kompresor. 

Refrigerant secara terus menerus melewati 4 komponen utama AC.

Komponen Kompresor

Kompresor terdiri atas beberapa komponen, yaitu:
  • Katup Isap. Katup isap ini memasukkan gas refrigerant ke dalam silinder atau ruang torak. Daya isap dan kemampuan kompresor bergantung dari kecepatan gerak dan kecepatan udara dari semua bagian yang berhubungan dengan katup ini. Katup ini biasanya terbuat dari baja khusus (compressor valve steel).
  • Katup Buang. Katup buang bertugas untuk membuang gas-gas keluar dari silinder atau ruang-ruang torak. Katup-katup buang ini biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sama dengan katup-katup hisap.
  • Katup Servis. Katup ini berguna untuk menguji kompresor dan memperbaiki sistem pendingin.
  • Bak Penampungan (Reservoir). Penampung minyak diperlukan untuk pelumasan semua bagin-bagian kompresor. Biasanya bak engkol (crank case) digunakan sebagai bak penampung minyak, kecuali pada kompresor-kompresor yang besar yang mempunyai sistem pelumasan khusus.

Jenis-jenis Kompresor

Berikut ini jenis kompresor beserta keterangan penjelasannya:

1. Kompresor bolak-balik (torak)

Kompresor bolak-balik merupakan jenis kompresor yang banyak dipakai. Kompresor ini dapat bersilinder tunggal atau ganda. 

Dinamakan kompresor bolak-balik, karena gerak toraknya yang maju mundur dalam silindernya. Panjang gerakan dari torak disebut langkah (stoke) atau panjang langkah. Panjang langkah ini biasanya sama dengan diameter silinder.

Kapasitas kompresor tergantung dari faktor-faktor: jumlah silinder, panjang langkah, jumlah putaran permenit dan lain-lain. Gerak dari torak yang bolak-balik ini didapat dari poros engkol yang menerima gerakan dari motor listrik.

Untuk cara kerjanya, perjalanan refrigerant dari dan masuk ke kompresor diatur oleh katup pembuang (discharge) dan klep pengisap (suction). Refrigerant keluar melalui katup pembuang dan masuk melalui katup penghisap. Apabila torak bergerak menjauhi katup, maka langkah ini disebut suction-stroke dan tekanan akan berkurang. Oleh karena tekanan didalam kompresor lebih rendah dari tekanan saluran isap, maka uap refrigerant masuk kedalam kompresor.

Jika torak bergerak mendekati katup, tekanan didalam kompresornya naik sehingga katup penghisap tertutup. Sedangkan klep buang terbuka menyebabkan uap refrigerant mengalir keseluran tekan (discharge line) luar. Demikian seterusnya.

2. Kompresor Rotary

Kompresor ini mempunyai tugas yang sama dengan kompresor bolakbalik, yaitu menekan gas guna menimbulkan perbedaan tekanan pada sistem dan menabah pengaliran refrigeran  ac dari satu bagian ke bagian lain. Proses pemadatan gas atau uap refrigerant dilakukan oleh peluru (roller). Lihat gambar 5. Pada gambar tersebut bola putar berputar eksentrik pada sumbu di dalam suatu ruang yang sejajar dengan sumbu. Ruang ini disebut pompa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tukang AC di Jimbaran

Bengkel AC di Denpasar Bali